Fesenjan, Menu Unik Buka Puasa Khas Iran Selama Ramadhan

Fesenjan, Menu Unik Buka Puasa Khas Iran Selama Ramadhan

Clarissa Pangestu
Monday, 28 May 2018, 14:00:05 1360 0
Ini Fesenjan, menu berbuka khas Iran (dok. YouTube)
Ini Fesenjan, menu berbuka khas Iran (dok. YouTube)

Di Iran, ada menu khusus untuk berbuka puasa selama Ramadhan bernama Fesenjan yang bikin kenyang setelah lama berpuasa. 

Apa menu buka puasa favorit kalian? Well, di Indonesia, berbuka puasa diidentikan dengan teh manis hangat, es buah, gorengan, kolak, ataupun cemilan-cemilan kecil lain yang biasa disebut dengan takjil. Yup, hayo ngaku deh, siapa sih yang selama berpuasa tidak pernah satu kalipun mencicipi deretan makanan yang disebutkan tadi? Biasanya sih, masyarakat Indonesia yang muslim mengawali kegiatan berbuka puasa dengan takjil sebelum akhirnya menyantap hidangan utama (yang mengenyangkan). Hal ini dilakukan bukan tanpa alasan, melainkan agar perut yang selama seharian penuh tidak akan kaget saat tiba-tiba kembali menderima makanan.

Tapi tahukah kamu, kalau kamu ke Iran, mungkin kamu tidak akan melalui fase panjang dalam berbuka puasa selama Ramadhan karena dengan satu hidangan saja kamu bisa-bisa sudah kenyang. Wah, hidangan apa sih itu?

fesenjan ini bikin kenyang! (dok. tajoon)
fesenjan ini bikin kenyang! (dok. tajoon)

Untuk kalian yang berniat berkunjung ke Iran saat bulan puasa, kalian harus mencoba menu bernama Fesenjan. Yup, Fesenjan atau yang dikenal juga dengan sebutan khoresh-e fesenjan atau fesenjoon adalah salah satu hidangan istimewa khas bulan Ramadhan di negara Persia, terumata di Iran dan Irak. Fesenjan ini biasa disantap tidak hanya saat berbuka puasa, melainkan juga saat sahur lho Teens.

Fesenjan, menu unik buka puasa dari Iran (dok. simplyrecipes)
Fesenjan, menu unik buka puasa dari Iran (dok. simplyrecipes)

Bentuk fesenjan sendiri hampir mirip dengan kaldu kental yang dibuat dari sirup delima dan juga kenari. Yup, fesenjan memang terbuat dari kaldu unggas (biasanya bebek atau ayam), dimana ayam yang biasa digunakan adalah ayam Persia. Selain kaldu unggas, kamu juga akan menemukan saus delima merah dan kacang walnut yang jadi pelengkap dari menu makanan unik satu ini. Rasa yang khas dari fesenjan sendiri adalah rasa manis asam.

Biasanya, fesenjan disantap bersama dengan polo atau chelo, yaitu nasi putih khas Persia. Dan kalau kamu berpikir fesenjan ini hanyalah hidangan pembuka, maka kamu salah, Teens. Fesenjan ini merupakan hidatang utama di meja makan selama bulan Ramadhan karena rasa dan tekstur dari makanan ini yang pekat dan tajam, sehingga membuat orang yang menyantapnya akan merasa kenyang.

Ada fakta unik tentang fesenjan nih Teens. Cita rasa fesenjan akan meningkat kalau menu ini dihidangkan satu hari setelah dimasak. Hmmm, tertarik mencoba, Fesenjan Teens? Siapa tahu kalian sudah mulai bosan dengan menu berbuka puasa selama Ramadhan di sini, hehehe.  

Last Editor : Sarah Christiani
Komentar
-TERPOPULER-