Makan Banyak Tapi Tetap Kurus? Begini Penjelasan Ilmiahnya

Makan Banyak Tapi Tetap Kurus? Begini Penjelasan Ilmiahnya

tiara susma
Monday, 22 July 2019, 16:20:25 694 0

Mungkin ada beberapa orang di sekitarmu yang hobi makan tetapi tubuhnya tetap kurus. Ini sering kali bikin kita iri dan heran. Rupanya hal ini bisa dijelaskan secara ilmiah lho.

Profesor Sadaf Farooqi dari MRC Institute of Metabolic Science Addenbrookes Hospital pernah mengungkapkan dalam penelitiannya, bahwa beberapa orang memang terlahir memiliki tubuh ramping. Penelitian ini melibatkan 1.600 orang yang memiliki badan ramping, dengan indeks masa kurang dari 18.

Seperti kita ketahui, jika seseorang memiliki indeks masa kurang dari 18, maka orang itu bisa dikatakan kekurangan berat badan. Sedangkan, kategori idealnya sendiri berkisar dari angka 18,5 hingga 24,9.

Kemudian, sang profesor meminta para partisipan untuk mengisi kuesioner terkait gaya hidup mereka. Setelah itu, mereka melakukan perbandingan antara kuesioner mereka yang kekurangan berat badan dengan 2.000 orang yang obesitas dan 10.400 orang yang memiliki berat badan normal.

Mereka yang kekurangan berat badan disebut memiliki beberapa gen yang lebih banyak dibanding kebanyakan orang. Penelitian ini juga menemukan bahwa ada beberapa gen yang membentuk tubuh mereka menjadi tetap ramping.

Profesor Farooqi mengungkapkan bahwa gen tersebut dipengaruhi oleh faktor keturunan yang ada dalam satu keluarga.

Last Editor : Vallesca
Komentar