Bagaimana sih Cara Melatih Kreativitas? Yuk, Coba 5 Cara Sederhana Ini

Bagaimana sih Cara Melatih Kreativitas? Yuk, Coba 5 Cara Sederhana Ini

Ema Aprilisa
Tuesday, 29 November 2016, 12:40:49 4315 0

Apa benar berpikir kreatif itu hanya dimiliki para pengusaha sukses, pemimpin atau orang-orang pintar saja? Atau kamu juga pernah berpikir jika kreativitas itu bawaan dari lahir?

Sebenarnya semua orang bisa kok berpikir kreatif asalkan dilatih. Ada peneliti dari Harvard Business School yang menyatakan bahwa dua per tiga kreativitas itu diperoleh dari pembelajaran, sedangkan sepertiga sisanya ditentukan oleh faktor genetik. Nah, untuk kamu yang ingin mengasah kreativitas, kebiasaan berikut ini patut kamu coba.

Memberdayakan Otak Kanan

Jika selama ini kamu cenderung banyak berpikir menggunakan otak kiri untuk logika atau analisis, sekarang coba juga optimalkan otak kananmu yang berperan dalam menjalankan emosi, intusi, dan kreativitas. Mendengarkan musik, melukis, ataupun mewarnai bisa kamu lakukan untuk melatih otak kananmu.

Mewarnai tidak hanya efektif merangsang daya imajinasi anak-anak, tapi juga efektif untuk mengasah kreativitas orang dewasa. Kamu bisa membeli buku mewarnai untuk orang dewasa yang banyak tersedia di toko buku, isi gambarnyapun lebih detail dan tentunya menarik untuk diwarnai.

Bermain Permainan Strategi

Sering bermain catur, monopoli, teka teki silang atau game yang mengandalkan strategi membuat kamu berpikir dari banyak sisi. Membiasakan diri dengan memikirkan berbagai alternatif pemacahan masalah tentu akan merangsang kamu untuk berpikir kreatif.

Membaca dan Menulis

Karya atau ide-ide out of the box yang dicetuskan seseorang, tentu tidak lepas dari referensi pengetahuan yang luas. Membaca adalah cara ampuh untuk meningkatkan wawasan, sedangan menulis akan mengktifkan otak untuk berpikir sehingga imajinasi dan kreativitasmu pun kan terlatih.

Mengubah Rutinitas

Rutinitas membuat kamu terbisa melakukan sesuatu dengan terstruktur, sehingga mengaktifkan bagian otak tertentu saja. Sesekali merubah rutunitas dapat merefresh otak kamu, dan memberikan kesempatan bagi  bagian otak lainnya untuk bekerja. Misalnya kamu yang biasa mengguanakan tangan kanan, sesekali latih juga tangan kirimu untuk bekerja.

Belajar Hal-hal Baru

Asah kreativitasmu dengan mencoba belajar hal-hal baru. Kamu bisa belajar bahasa asing, belajar alat musik, atau mencoba hobi baru. Aktivitas yang belum pernah kamu lakukan sebelumnya akan memberikan pengalaman baru yang akan membuat potensi lain dalam otakmu terlatih termasuk kreativitasmu.

Last Editor : Khairiyah Sartika
Komentar
-TERPOPULER-