Nggak Perlu Repot Ke Salon, Ini 5 Tips Mengecat Kuku Sendiri

Nggak Perlu Repot Ke Salon, Ini 5 Tips Mengecat Kuku Sendiri

Ema Aprilisa
Wednesday, 30 November 2016, 19:20:33 4670 0

Suka dengan nail art tapi ogah pergi ke salon? Solusinya adalah dengan belajar mengecat kuku sendiri. Mengaplikasikan cat kuku memang gampang-gampang susah apalagi bagi kamu yang masih pemula.

Berikut ini tips yang bisa dicoba agar hasil cat kukumu tidak mengecewakan.

Gunakan Selotip Sebagai Alat Bantu

Mengindari kuteks agar tidak belepotan di bagian tepi-tepi kuku memang sulit. Meskipun sudah berhati-hati, masih juga ada kemungkinan mencoreng bagian kuku yang seharusnya tidak diwarnai, apalagi saat mengecet bagian tangan kanan.

Nah, untuk menghindarinya kamu bisa menggunakan selotip kertas sebagai alat bantu agar hasil pulasan kuteksmu lebih rapi. Cukup dengan menempelkan selotip di sisi kuku sebelum kamu berkreasi dengan cat kuku. Alat bantu ini juga efektif jika kamu ingin membuat kreasi nail art menggunakan dua warna.

Perhatikan Arah Saat Menguas

Agar hasil cat kukumu terlihat rapi sebaiknya kamu melakukannya dengan sekali polesan ke arah luar. Hindari menguas secara bolak-balik karena akan membuat hasilnya tebal dan kurang merata. Jika kamu ingin membuat dua lapisan sebaiknya tunggu polesan pertama kering terlebih dahulu, baru aplikasikan lapisan kedua.

Ambil Posisi Nyaman Saat Mengecat Kuku

Selain butuh konsentrasi dan ketelatenan, mengecat kuku juga perlu posisi tubuh yang nyaman. Usahakan posisi badan dan tangan berada sejajar, atau jangan sampai kamu terlalu membungkuk. Posisi nyaman ini akan membuat tubuh kamu lebih seimbang saat mengecat kuku.

Pakai Base Coat dan Top Coat Agar Cat Kuku Tidak Mudah Terkelupas

Pemakaian kutek satu kali lapis saja rentan mengelupas ketika kamu melakukan aktivitas sehari-hari. Agar cat kukumu menempel lebih kuat dan tidak mudah terkelupas terutama pada bagian ujung jari, ada baiknya jika kamu menggunakan lapisan dasar sebelum mengaplikasikan warna kutek favoritmu dan gunakan top coat untuk melindungi hasil karyamu.

Rendam dengan Es agar Cat Kuku Cepat Kering

Mengangin-anginkan kuku yang baru dicat adalah cara yang biasa dilakukan agar cat kuku cepat kering, tapi ada cara yang lebih cepat dan praktis, yaitu dengan merendam kuku dengan air es. Tidak usah kuatir cat kuku malah berantakan karena biasanya produk kecantikan ini didesain anti air.

Last Editor : Khairiyah Sartika
Komentar