Biasa Tidur Kurang dari 6 Jam Sehari? Bisa Jadi Penyebabnya Ini...

Biasa Tidur Kurang dari 6 Jam Sehari? Bisa Jadi Penyebabnya Ini...

alif hudanto
Tuesday, 07 March 2017, 11:58:34 1577 0
freepik.com
freepik.com

Berapa jam kamu tidur dalam sehari? Rata-rata kemungkinan tidur antar 6 hingga 8 jam sehari. Atau bahkan lebih saat liburan. Tapi ada beberapa orang yang hanya membutuhkan waktu kurang dari 6 jam untuk tidur. Tapi kondisi tersebut tidak mengacaukan aktivitasnya.

Orang yang hanya membutuhkan jam tidur kurang dari 6 jam disebut short sleeper. Bukan berarti disengaja untuk tidur sebentar, tapi memang kebutuhan tidurnya sedikit, dan itu terjadi dari malam ke malam.

Biasanya pola tidur pendek ini muncul di masa awal remaja. Kemudian berlanjut hingga dewasa. Bagi seorang short sleeper tidur sebentar bukan masalah. Sistem otaknya tetap berjalan dengan baik dan dapat melakukan aktivitas seperti biasa walaupun cuma tidur sebentar.

Dikutip dari sleepeducation.org, penelitian terbaru mengidentifikasi adanya varian gen aneh yang mampu menangkal kekurangan tidur. Jadi gen ini membuat kebutuhan tidur lebih pendek atau sedikit.

Peneliti membandingkan 100 pasang kembar dan menemukan seorang kembar yang memiliki gen BHLHE41 varian p.Tyr362His tidur setidaknya satu jam lebih sedikit dari saudara kembarnya yang tidak memiliki gen tersebut. Dalam kondisi kurang tidur pun, si kembar dengan gen hanya butuh sedikit jam untuk pulih dibandingkan dengan saudara kembarnya.

Contoh orang yang memiliki gen short sleeper ini adalah Presiden Amerika Serikat, Donald Trump dan Perdana Menteri Inggris tahun 1979-1990, Margaret Tatcher. Donald Trump hanya butuh tidur 3-4 jam sehari. Bahkan satu ketika, Trump menyatakan bahwa tidur dan kesuksesan itu tidak berbanding lurus. Trump mengatakan, "Gimana bisa orang yang tidur 12 sampai 14 jam sehari mengalahkan orang yang hanya tidur 3-4 jam?"

Tapi bukan berarti kamu jadi sengaja mengurangi jam tidur ya Teens. Tetap biasakan tidur teratur, nyenyak, dan durasinya sesuai. 

Last Editor : Khairiyah Sartika
Komentar