Hati-Hati, Teens! Makanan Ini Bisa Jadi Penyebab Rambut Rontok!

Hati-Hati, Teens! Makanan Ini Bisa Jadi Penyebab Rambut Rontok!

Clarissa Pangestu
Thursday, 23 March 2017, 12:57:31 1938 0
unsplash.com
unsplash.com

Kebanyakkan perempuan pasti berhadapan dengan masalah satu ini, apalagi bagi yang memiliki rambut yang tebal. Yup, kerontokan rambut!

Kalau rambut yang rontok hanya satu, dua, atau dalam jumlah yang masih bisa dihitung dan tidak terlalu sering sih kalian tidak perlu terlalu ambil pusing. Tapi akan jadi masalah kalau intensitas kerontokan rambut kalian tidak terkontrol dan jumlah rambut yang rontok pun semakin banyak. Lama-lama rambut kalian akan semakin menipis. Duh, tidak mau kan kalau sampai kejadian seperti itu?

Nah, kalian harus mulai sadar dengan penyebab-penyebab kerontokan rambut nih, Teens. Walaupun memang ada orang yang mengalami kerontokan rambut karena faktor keturuan atau sakit, tapi ada satu lagi penyebab kerontokan rambut yang sering kali luput dari perhatian kita.

Apakah itu?

Jawabannya adalah makanan. Iya, Teens, makanan yang kalian konsumsi setiap hari bisa jadi penyebab rambut kalian rontok lho. Tapi tenang, tidak berarti semua makanan dapat menyebabkan kerontokan rambut. Ada beberapa makanan yang harus kalian kurangi atau hindari demi menjaga kesehatan tubuh kalian termasuk rambut kalian nih, Teens.

1. Gorengan

Yang namanya gorengan sudah pasti jadi musuh besar banyak kaum perempuan, kan? Tapi tentu tidak bisa dipungkiri kalau rasa gorengan memang enak. Hanya saja kadar lemak jenuh yang terdapat dalam gorengan dapat membuat hormon didalam tubuh kalian tidak seimbang dan salah satu akibatnya adalah kerontokan rambut.

2. Makanan manis

Kalau yang satu ini pasti sulit untuk dihindari kalian yang memiliki sweet tooth, tapi makanan manis memiliki dampak negatif terhadap kesehatan rambut kalian, Teens. Hal ini karena makanan manis menyebabkan kadar gula dalam tubuh meningkat, sehingga tubuh kalian akan terus menerus memompa insulin yang akan meningkatkan kadar androgen--sebuah hormon yang membuat folikel rambut kalian menyusut dan menyebabkan kerontokan.

3. Kopi

Sahabat begadang yang satu ini pun bisa jadi penyebab rambutmu terus mengalami kerontokan, lho. Hal ini karena kandungan kafein dalam kopi yang membuat kamu terjaga sepanjang malam akan menyebabkan insomnia. Nah, insomnia inilah yang menyebabkan rambutmu rontok.

Kenapa? Karena tubuh manusia butuh istirahat, dan saat kamu memilih untuk terjaga semalaman penuh selama berhari-hari, maka sel-sel rambut yang harusnya beregenerasi selama kamu tidur akan terhambat dan menyebabkan kesehatan rambutmu terganggu.

4. Vitamin A

Nah lho? Kok vitamin A disebut-sebut sebagai penyebab kerontokan rambut? Yup, betul, Teens. Vitamin A memang bagus untuk kesehatan mata kalian, tapi saat vitamin A dikonsumsi terlalu banyak maka hal itu dapat berpengaruh ke kesehatan rambutmu. 

Hal ini karena vitamin A yang terlalu banyak dapat membuat rambutmu mengalami penipisan dan akhirnya berujung pada kerontokan.

5. Terigu

Siapa sih yang tidak suka terigu? Terigu bisa kita temui dimana-mana. Zaman sekarang hampir seluruh makanan membutuhkan terigu. Tapi tahukah kalian kalau terlalu sering mengonsumsi terigu dapat menyebabkan kerontokan rambut?

Yup, terigu dapat menyebabkan kenaikkan tekanan darah yang akan berdampak pada kesehatan rambutmu.

Last Editor : Khairiyah Sartika
Komentar
-TERPOPULER-