Dyrehavsbakken, Kopenhagen: Lokasi Amusement Park Pertama di Dunia!

Dyrehavsbakken, Kopenhagen: Lokasi Amusement Park Pertama di Dunia!

alif hudanto
Saturday, 01 April 2017, 17:08:45 1868 0
delikatesskungen.se
delikatesskungen.se

 

Amusement park atau wahana bermain mana yang terakhir kamu kunjungi? Saat ini wahana bermain menawarkan hiburan dan permainan yang sangat mengagumkan. Tapi apakah kalian tahu amusement park mana yang pertama kali dibuat?

Tahun 1583, Kirsten Piil menemukan mata air alami di tempat yang sekarang dikenal sebagai Jaegersborg Dyrehave atau Dyrehaven, sebuah taman hutan raya di sebelah utara Kopenhagen, Denmark.

Warga Kopenhagen tertarik pada mata air tersebut karena selama periode tersebut kualitas air memburuk di pusat Kopenhagen. Banyak yang percaya mata air alami itu punya kemampuan menyembuhkan.

Oleh karena itu, penemuan Pill menarik kerumunan besar, terutama di musim semi. Ditambah para penghibur dan penjaja juga akhirnya muncul di keramaian tersebut. Pusat keramaian ini adalah cikal bakal taman bermain (amusement park) pertama di dunia bernama Dyrehavsbakken.

excursion.dk
excursion.dk

Dikutip dari wikipedia.com, hingga tahun 1756, di bawah raja Frederick V, Jaegersborg Dyrehave dibatasi untuk umum. Setelah dibuka untuk umum lagi, Dyrehavsbakken mulai berkembang. Penghibur, penjaja dagangan, dan penginapan muncul kembali di area tersebut.

Nama Bakken semakin tersohor di seluruh Eropa, menarik penghibur dan seniman lainnya, termasuk Pjerrot, badut yang masih ada di Dyrehavsbakken hingga hari ini. Popularitas Bakken kemudian terbantu oleh akses yang lebih mudah sejak perkembangan kapal uap di 1820 dan rel kereta api di tahun 1864. Publisitas yang baik dari penyair dan penulis juga turut mendongkrak popularitas Bakken.

Popularitas Bakken tumbuh tapi kondisinya malah memburuk. Akibatnya, beberapa pemilik bisnis, atau "pemilik tenda", menciptakan Asosiasi Pemilik Tenda Dyrehavsbakken sejak 1885. Asosiasi ini meningkatkan pengumpulan sampah, fasilitas toilet, pasokan air, publisitas, dan membantu masuknya listrik ke taman. Asosiasi ini masih ada hingga kini, dan semua perusahaan yang beroperasi di taman Bakken wajib bergabung.

Hiburan dan permainan di Bakken juga berkembang dari waktu ke waktu. Ada kabaret eperti Sansouci, yang mulai dibuka pada tahun 1866, kemudian Bakkens Hvile, yang dibuka pada tahun 1877, menjadi semakin populer. Abad ke-20 muncul wahana populer lainnya, seperti Circus Revue dan populer. Seiring waktu, lebih banyak lagi wahana baru yang diperkenalkan di Bakken.

Bakken mungkin awalnya adalah tempat untuk mendapatkan air bersih, tapi hari ini Bakken adalah sebuah taman hiburan yang berkembang dan penuh dengan wahana dan fasilitas modern. Bakken punya enam roller coaster, yang paling terkenal adalah Rutschebanen (bahasa Denmark untuk "The Roller Coaster"), sebuah roller coaster kayu yang dibuka sejak 1932. Taman ini juga rumah bagi puluhan hiburan atau wahana yang cocok untuk segala usia.

Saat ini, pemegang ranking pertama taman bermain adalah Magic Kingdom di Walt Disney World Resort di Amerika Serikat dengan jumlah pengunjung sekitar 20 juta orang di tahun 2015. Ranking kedua dan ketiga dipegang oleh Disneyland Park di Disneyland Resort, Amerika Serikat dan Tokyo Disneyland di Tokyo Disney Resort, Jepang.

Last Editor : Khairiyah Sartika
Komentar
-TERPOPULER-