Sejak Kapan Tikus Hidup di Rumah-Rumah Manusia?

Sejak Kapan Tikus Hidup di Rumah-Rumah Manusia?

alif hudanto
Friday, 07 April 2017, 16:24:57 1442 0
winchesterpestcontrol
winchesterpestcontrol

Sejak kapan sih tikus masuk ke rumah?

Kamu pasti kesal ketika tikus berkeliaran di rumah, mencuri makanan yang sudah kamu simpan. Segala cara dilakukan untuk menangkap tikus, mulai dari memasang perangkap tikus, lem tikus, hingga menggunakan pemancar suara khusus pengusir tikus. Bahkan dalam kartun Tom and Jerry, si tikus Jerry digambarkan punya 'wilayah kekuasaan' yang tidak bisa dirusak oleh predatornya, kucing. Tapi ternyata menurut bukti fosil, tikus telah hidup bersama manusia selama 15.000 tahun.

Dikutip dari BBC, ini lebih awal dari perkiraan. Penelitiannya berdasarkan pada studi gigi dari sisa-sisa hewan pengerat yang ditemukan di Levant selatan. Para ilmuwan percaya tikus liar masuk ke permukiman di wilayah Levant (Timur Mediterania) untuk mencuri biji-bijian liar dan benih yang sudah dikumpulkan dan disimpan.

"Saat ini, berkat hubungan ini, tikus rumah telah menjajah hampir setiap sudut dunia dan menjadi setara dengan manusia dan juga salah satu spesies mamalia yang paling invasif," kata Dr Thomas Cucchi dari Museum nasional d'Histoire Naturelle, Paris.

Tikus mulai masuk ke kehidupan manusia ketika manusia membangun tempat tinggal atau rumah. Sejak itu pula tikus mulai mengais rejeki dari makanan yang disimpan manusia, seperti gandum, jelai, juga daging babi hasil buruan. Tikus beradaptasi dengan tempat tinggal manusia, mendapatkan makanan, dan menghadapi hanya sedikit predator. Apalagi ketika kucing dan anjing belum menjadi hewan peliharaan.

Namun sekarang tikus juga ada yang dibudidayakan sebagai hewan peliharaan dan bahan percobaan laboratorium. Tikus laboratorium dipilih untuk eksperimen paling utamanya adalah karena ukurannya yang kecil, mudah dirawat, dan punya umur yang pendek sehingga memudahkan observasi dengan waktu yang relatif singkat. 

Kalau kalian, mau pelihara tikus nggak Teens?

Last Editor : Sarah Christiani
Komentar
-TERPOPULER-