Benarkah Generasi Millennial Hobi Beli Barang Mewah Hanya Demi Pamer dan Status Sosial?

Benarkah Generasi Millennial Hobi Beli Barang Mewah Hanya Demi Pamer dan Status Sosial?

trias ismi
Tuesday, 01 August 2017, 19:00:31 4038 0
Apakah kamu termasuk generasi millennial yang doyan belanja dan pamer di media sosial? (dok. societyillustrators.org)
Apakah kamu termasuk generasi millennial yang doyan belanja dan pamer di media sosial? (dok. societyillustrators.org)

Tak hanya memiliki sifat yang cepat menerima perubahan dan tak bisa jauh dari media sosial, generasi millennial juga sering disebut sangat mudah boros. Mereka diketahui suka berbelanja apa saja yang mereka inginkan dan sering melupakan kebutuhan dalam jangka panjang.

Namun benarkah, generasi millennial memang suka menggunakan uangnya hanya untuk beli barang mewah dan mencari status sosial saja?

Seperti yang dilaporkan oleh Independent, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Direct Line mengklaim bahwa jutaan generasi millennial di Inggris hanya ingin melakukan pembelian barang-barang mahal. Setelah itu mereka ingin memamerkannya kepada teman dan keluarga mereka.

Responden yang berusia 18 hingga 34 tahun tersebut hampir seperempatnya mengatakan bahwa acara TV seperti TOWIE dan Real Housewives berfokus mememerkan kekayaan dan mereka ingin menirunya. Sedangkan sepertiga mengatakan ingin beli barang bermerk yang mahal agar bisa dipamerkan di media sosial.

Ilustrasi. Generasi millenial yang hobi belanja (dok. The Social Observer)
Ilustrasi. Generasi millenial yang hobi belanja (dok. The Social Observer)

Sedangkan menurut studi yang dilakukan oleh Toluna untuk Independent menyatakan bahwa lebih dari seribu orang yang mereka survei mengatakan bahwa lebih dari 70 persen millenial menghabiskan uang untuk membeli barang-barang mewah dibandingkan para generasi terdahulu.

Selain itu, generasi millennial juga cenderung tidak memiliki rumahnya sendiri dan tak memiliki tabungan pensiun. Mereka juga lebih banyak yang memilih tinggal di rumah orang tua daripada membeli rumah sendiri.

Menurut Karl Elliott, customer strategy di OneFamily mengatakan bahwa tekanan keuangan membuat para pekerja muda untuk lebih suka memamerkan barang mewah yang dibelinya kepada teman dan saudara daripada membeli aset berjangka panjang.

"Dengan tekanan keuangan yang meningkat pada mayoritas pekerja muda, tidak mengherankan bahwa mereka ingin memamerkan pembelian mewahnya kepada teman dan keluarga daripada fokus pada aset jangka panjang yang sepertinya tidak terjangkau," ucap Karl Elliot.

Selain itu, para millennial juga sangat mudah dipengaruhi untuk membeli barang mewah dari lingkungan dan apa yang mereka lihat. Lewat kehadiran media sosial mereka pun mudah terpengaruh dari gaya hidup blogger, vlogger dan selebriti reality show untuk membeli barang mewah.

"Millenial telah begitu dibombardir oleh simbol status seperti tas tangan dan perhiasan karena blogger, vloggers, intagrammers dan influencer reality show TV. Sehingga menghasilkan peningkatan kesadaran akan barang bermerk dan aspirasi  untuk membelinya," ucap pendiri Intergenerational Foundation, Liz Emerson.

Apakah kalian termasuk generasi millennial seperti yang disebutkan di atas nih Teens? Belanja memang mengasyikan tapi jangan pernah melupakan bagaimana kehidupan kalian di masa depan ya.

Last Editor : Khairiyah Sartika
Komentar
-TERPOPULER-