Sering Datang Bulan Nggak Teratur? Lakukan 4 Hal Ini Untuk Mengatasinya!

Sering Datang Bulan Nggak Teratur? Lakukan 4 Hal Ini Untuk Mengatasinya!

trias ismi
Wednesday, 30 August 2017, 09:00:00 2243 0
Ilustrasi datang bulan (dok. putthatcheeseburgerdown.com)
Ilustrasi datang bulan (dok. putthatcheeseburgerdown.com)

Datang bulan atau menstruasi adalah keadaan umum yang pasti dialami oleh setiap cewek setiap bulannya. Namun, rupanya masih banyak cewek yang mengalami menstruasi yang tidak lancar dan jadwalnya berubah-ubah.

Biasanya saat datang bulan yang tak teratur itu bisa disebabkan karena hormon esterogen dan progesteron yang tidak seimbang. Akan tetapi, ternyata kebiasaan hidup kita juga bisa mempengaruhi lho Teens.

Misalnya saja saat kalian sering melakukan aktivitas fisik hingga kelelahan atau karena kurang mengkonsumsi makanan yang sehat. Saat kalian sudah mengalami datang bulan yang tak teratur, kalian nggak perlu khawatir Teens karena kalian bisa mengatasinya dengan 4 cara berikut ini!

1. Istirahat yang cukup

Saat fisik dan psikis terlalu kelelahan maka bisa membuat jadwal datang bulan kalian berantakan lho Teens. Jadi tentu saja kalian harus selalu memiliki waktu istirahat yang cukup agar tidak stres dan bisa menghindari masalah datang bulan yang tak teratur. Istirahat yang cukup pastinya bisa membuat hormon kembali stabil dan tentu akan membuat kalian terjauh dari masalah yang satu ini.

2. Perbanyak konsumsi buah, sayur dan kacang-kacangan

Saat tubuhmu kekurangan asupan buah, sayur maupun kacang-kacangan rupanya juga bisa mempengaruhi siklus datang bulan kalian lho Teens. Baik buah, sayur maupun kacang-kacangan memiliki banyak nutrisi yang sangat baik bagi tubuh. Kandungan antioksidan, omega 3 serta zat besi dari tiga bahan makanan tersebut memiliki kemampuan untuk membantu kita melancarkan datang bulan.

3. Melakukan olahraga ringan

Olahraga ringan seperti jalan, jogging ataupun yoga bisa membuat badan kita selalu sehat. Selain itu, ternyata berolahraga ringan juga bisa memperlancar menstruasi kita lho. Dengan sering berolahraga memang bisa membuat pikiran kita semakin tenang dan terhindar dari stres. Jadi saat fisik dan pikiran kita sehat dan tenang tentunya bisa menghindarkan kalian dari siklus menstruasi yang tak teratur Teens.

4. Minum jamu tradisional

Jamu tradisional memang telah dikenal sejak dahulu manfaatnya. Kalian bisa mengkonsumsi jamu kunyit tradisional yang diolah sendiri agar bisa mendapatkan manfaatnya nih Teens. Pasalnya kunyit memang terkenal sebagai anti bakteri dan juga anti septik yang bisa membantu kita melancarkan datang bulan.

Cara membuat jamu ini cukup mudah, kalian hanya perlu kunyit 2 rimpang, biji pala ½ sdt, ketumbar ½ sdt serta daun srigading ½ genggaman tangan. Masukkan bahan tersebut dalam panci yang sudah terisi 1 liter air dan rebus hingga mendidih. Setelah itu saring dan minum sair rebusan itu sebanyak 1 gelas perharinya.

Itulah 4 cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi datang bulan yang nggak teratur, jadi selamat mencoba ya! 

Last Editor : Sarah Christiani
Komentar