Jangan Pernah Lakukan Ini Setelah Olahraga Lari!

Jangan Pernah Lakukan Ini Setelah Olahraga Lari!

Ema Aprilisa
Wednesday, 06 September 2017, 17:00:09 3444 0
Hindari melakukan hal ini saat olahraga lari Teens (dok. unsplash)
Hindari melakukan hal ini saat olahraga lari Teens (dok. unsplash)

Setelah berolahraga, ada hal-hal yang ternyata pantang kita lakukan. Termasuk setelah berlari, baik jarak jauh maupun jarak pendek.

Ada hal-hal penting yang tak boleh terlewat agar tubuh tetap sehat dan memaksimalkan dampak postitif berolahraga.

Melewatkan Pendinginan

Jika sebelum lari kita membutuhkan pemanasan sebagai cara mempersiapkan tubuh, maka setelahnya pun kita perlu melakukan pendinginan. Kegiatan ini untuk memudahkan masa peralihan dari stres yang dialami tubuh selama berlari ke kondisi normal seperti biasa.

Kalau kita tiba-tiba berhenti lari dan langsung duduk atau tiduran, maka bisa menyebabkan otot kaku karena sel-selnya masih panas dan denyut jantung masih kencang tetapi tubuh tidak bergerak. Pendinginan juga akan membantu proses pemulihan jika ada masalah pada sendi dan otot.

Apakah kamu hobi olahraga lari Teens? (dok. unsplash)
Apakah kamu hobi olahraga lari Teens? (dok. unsplash)

Menyentuh Wajah saat Berkeringat

Menyentuh wajah dengan tangan setelah lari, dengan kondisi wajah yang berkeringat akan menyebarkan bakteri sehingga bisa membuat kita berjerawat. Oleh sebab itu, jangan lupa mencuci tangan dan muka setelah berkeringat untuk menghindari kontaminasi bakteri.

Makan dan Minum Berlebihan

Kelaparan setelah lari memang sangat wajar. Tapi kita tidak boleh kalap, langsung mengkonsumsi banyak makanan setelah berlari. Selain bisa menyebabkan gangguan perut akibat gerak peristaltik usus kita yang masih belum siap, langsung makan setelah berolahraga akan membuat kita cenderung impulsif.

Percuma kan mengurangi kalori dengan berolahraga lalu malah menambah lemak lewat makanan?

Begitu pula dengan minum. Berlari akan menghabiskan banyak cairan tubuh. Namun minum berlebihan malah akan membuat tubuh menjadi lemas. Sebaiknya konsumsi cairan yang mengandung elektrolit atau mengonsumsi jus buah setelah berolahraga untuk mencegah dehidrasi dan menggantikan ion tubuh yang hilang.

Last Editor : Sarah Christiani
Komentar
-TERPOPULER-