Ternyata Memakai Kaos Kaki Saat Tidur Baik Untuk Kesehatan Lho!

Ternyata Memakai Kaos Kaki Saat Tidur Baik Untuk Kesehatan Lho!

Clarissa Pangestu
Friday, 22 September 2017, 15:02:02 5371 0
Ilustrasi kaos kaki (dok. unsplash)
Ilustrasi kaos kaki (dok. unsplash)

Siapa di sini yang hobi memakai kaos kaki saat tidur? Yup, beberapa orang memang sering memakai kaos kaki saat tidur. Bukan hanya untuk menghindari rasa dingin di malam hari Teens, tapi beberapa orang melakukannya karena sudah terbiasa.

Tapi ada yang tahu tidak nih tentang manfaat memakai kaos kaki saat tidur untuk kesehatan?

Memakai kaos kaki saat tidur terjadi memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan kamu lho, Teens. Apa saja sih manfaat dari memakai kaos kaki saat tidur? Ini dia:

1. Membuat tidur kamu menjadi lebih nyenyak

Bagi kamu yang mengalami gangguan sulit tidur, kamu bisa mulai mengenakan kaos kaki saat sebelum tidur nih. Pasalnya, gangguan sulit tidur ini sering terjadi pada orang-orang yang yang memiliki aliran darah yang tidak lancar. Nah, berdasarkan penelitian, memakai kaos kaki ternyata mampu membantu melancarkan peredaran darah lho. 

Sekedar informasi nih, aliran darah di kaki kita relatif sedikit. Akibat dari tidak lancarnya aliran darah ini membuat kaki menjadi cepat sakit atau tidak nyaman, yang pada akhirnya akan mengganggu kualitas tidur kamu dan membuat kamu menjadi sulit tidur.

 

2. Mencegah infeksi jamur dan bakteri pada kakimu

Ada beberapa orang yang tidak suka tidur dengan menggunakan selimut karena merasa panas. Eits, untuk kalian yang hobi tidur tanpa selimut, kalian harus mulai berhati-hati nih. Pasalnya, saat kamu tidak menggunakan selimut, tentu badan kamu termasuk kaki akan dengan mudah dihinggapi debu. Nah, debu yang hinggap pada kaki ini mengandung banyak bakteri dan jamur, yang pada akhirnya dapat menimbulkan infeksi pada kakimu (kadas, kurap, atau gatal-gatal). 

Oleh karena itu, sangat disarankan bagi kamu yang tidak biasa memakai selimut saat tidur untuk setidaknya membiasakan diri memakai kaos kaki saat tidur agar mengurangi risiko menempelnya para debu yang berisi bakteri dan jamur ini.

Ilustrasi kaos kaki (dok. unsplash)
Ilustrasi kaos kaki (dok. unsplash)

3. Mencegah tumit pecah-pecah

Bagian kaki memang seringkali luput dari perhatian kita. Alhasil, begitu sadar, tahu-tahu sudah ada saja permasalahan pada penampilan kaki kita. Nah, salah satu masalah yang sering dihadapi adalah tumit yang pecah-pecah. Tumit yang pecah-pecah ini tentu mengganggu penampilan, terutama bagi para kaum perempuan yang hobi menggunakan alas kaki terbuka. 

Salah satu penyebab dari tumit yang pecah-pecah adalah karena cuaca dingin, yang dimana biasanya hal ini dialami oleh orang-orang yang tidur di dalam ruangan ber-AC. Suhu dingin pada ruangan dapat membuat kulitmu menjadi kering dan tentu saja, bagian kaki yang sering luput dari perhatian pun menjadi korbannya. Untuk menanggulangi hal ini, biasakan gunakan kaos kaki saat tidur ya Teens. Hal ini karena kaos kaki membuat kakimu tetap hangat, lembut, dan tidak kering.

4. Mengatasi keringat berlebih pada kaki

Beberapa orang mengalami gangguan tidur berupa munculnya keringat yang berlebih pada kaki. Keluarnya keringat yang berlebih pada kaki ini biasa disebut dengan hiperhidrosis. Keringat yang keluar ini memberikan efek rasa lengket dan tentu saja mengganggu kenyamanan tidur. Tidak hanya itu, keringat berlebih ini juga menimbulkan bau kaki karena menjadi media berkembangnya para kuman serta bakteri. 

Untuk mengatasi kondisi ini, kamu bisa menggunakan kaos kaki saat tidur. Hal ini agar si kaos kaki menyerap keringat berlebih pada kakimu, sehingga kaki menjadi lebih kering dan permasalahan bau kaki pun bisa dihindari. Tapi ingat ya Teens, jangan gunakan kaos kaki yang sama berkali-kali, kamu harus tetap menggantinya agar tetap terjaga kebersihannya.

 

5. Menghaluskan dan melenturkan kulit kaki

Manfaat kelima dari memakai kaos kaki saat tidur adalah menghaluskan dan melenturkan kulit kaki. Yup, yang satu ini cocok untuk kamu yang memiliki permasalahan berupa kulit kaki kering dan kasar. Selain memakai kaos kaki saat tidur, kamu juga bisa mengoptimalkan hasil dengan mengoleskan pelembab kaki sebelum tidur yang juga bisa mengatasi permasalahan bau kaki.

Wah, ternyata hal kecil seperti memakai kaos kaki saat tidur ini memiliki manfaat yang besar untuk kesehatan kita ya, Teens!

 

 

Last Editor : Sarah Christiani
Komentar
-TERPOPULER-