Insomnia Saat Datang Bulan? Yuk Coba 6 Tips Ini Untuk Mengatasinya!

Insomnia Saat Datang Bulan? Yuk Coba 6 Tips Ini Untuk Mengatasinya!

Clarissa Pangestu
Tuesday, 03 October 2017, 16:35:16 1911 0
Ilustrasi insomnia (dok. unsplash)
Ilustrasi insomnia (dok. unsplash)

Susah tidur alias insomnia saat datang bulan? Kalian bisa coba beberapa tips ini untuk mengatasinya, Teens! 

Sudah menjadi rutinitas bulanan bagi kaum perempuan untuk kedatangan tamu setiap bulannya. Tamu yang datang ini seringkali membawa beberapa teman yang membuat banyak perempuan tidak nyaman, yaitu perut kembung, kram, dan sakit melilit di bagian perut bawah. Alhasil tidak jarang juga lho rasa sakit yang luar biasa di masa menstruasi membuat banyak perempuan terjaga semalaman alias insomnia.

Nah, ada beberapa tips untuk mencegah datangnya insomnia selama masa datang bulan kamu lho, Teens!

Hindari kafein

Walaupun kafein yang terdapat dalam kopi atau teh mampu meredakan nyeri saat haid, namun kafein tersebut akan mengganggu siklus tidur kamu. Seperti yang sudah kalian ketahui, kafein memang dikonsumsi guna membuat kita terjaga dan terhindar dari rasa kantuk.

Hindari olahraga sebelum tidur

Kaum perempuan sangat tidak disarankan untuk melakukan olahraga selama masa datang bulan, apalagi kalau dilakukan sebelum tidur karena akan mengganggu siklus datang bulan kamu dan bisa-bisa justru mendatangkan rasa sakit di beberapa bagian tubuh. Tapi, kalaupun kamu mau berolahraga, kamu bisa kok melakukan olahraga ringan seperti jalan cepat ataupun jogging yang mampu meningkatkan kualitas tidurmu.

Cukupi asupan vitamin D untuk tubuh

Sumber vitamin D yang paling mudah kamu temui adalah sinar matahari. Yup, kombinasi antara sinar matahari pagi dan supplemen vitamin D akan menghasilkan hormon leptin, dimana hormon ini berguna untuk memberikan informasi kepada otak bahwa perut sudah kenyang. Dengan tidak memakan atau meminum secara berlebihan (dimana biasanya orang yang sedang datang bulan memiliki nafsu makan yang luar biasa besar), membuat perut kamu terasa nyaman dan tentu meningkatkan kualitas tidurmu.

Tambah asupan cairan dan kalsium

Bagi perempuan yang sedang datang bulan, sangat disarankan untuk minum banyak cairan karena akan membantu mengeluarkan sodium dari tubuh dan mencegah perut terasa kembung. Hal yang sama berlaku pada kalsium, dengan mencukupi asupan kalsium pada tubuh maka kamu sudah membantu kinerja tubuh agar perut tidak terasa kembung dan tidurmu pun akan terasa nyenyak.

Hindari cemilan berat sebelum tidur

Memiliki nafsu makan yang besar saat haid sudah menjadi hal lumrah yang terjadi pada hampir semua perempuan. Namun, kamu harus ingat Teens, begitu kamu selesai memakan sesuatu maka perut kamu membutuhkan waktu untuk mencerna makanan tersebut. Kalau kamu memakan cemilan berat tepat sebelum tidur, hal ini tentu akan membuat perut harus bekerja keras dan tidurmu tidak akan nyaman.

Mengkonsumsi kacang

Salah satu cara untuk membuat perut yang sakit selama masa datang bulan terasa lebih baik adalah dengan mengkonsumsi kacang-kacangan.

Nah, beberapa tips tersbeut bisa kalian coba kalau kalian mengalami susah tidur atau insomnia saat datang bulan. 

Last Editor : Sarah Christiani
Komentar
-TERPOPULER-