Ini 7 Tips Memilih Makanan yang Mengenyangkan Saat Diet

Ini 7 Tips Memilih Makanan yang Mengenyangkan Saat Diet

Clarissa Pangestu
Tuesday, 20 March 2018, 10:01:51 7828 0
Saat diet, pilih makanan yang tepat ya (dok. istimewa)
Saat diet, pilih makanan yang tepat ya (dok. istimewa)

Saat diet, memilih makanan yang tepat memang susah-susah gampang, tapi ingat harus yang mengenyangkan biar nggak makan terus, Teens. 

Nafsu makan yang besar memang menjadi salah satu kendala yang sering menghalangi kita saat melakukan diet. Tidak jarang nih, kita tanpa sadar justru mengambil berbagai camilan dengan kedok agar tidak makan makanan berat lagi, padahal justru camilan lah yang menjadi salah satu penyumbang lemak terbesar bagi tubuh kita.

Untuk mengatasi nafsu makan yang besar ini, kamu harus memilih makanan yang mengenyangkan. Hal ini tentu saja agar kamu tidak tergoda untuk mengkonsumsi camilan ataupun makanan tidak sehat lainnya secara terus menerus demi memenuhi rasa lapar sesaat kamu.

Di bawah ini ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan dalam memilih makanan yang mengenyangkan saat diet:

1. Oatmeal sebagai sarapan

Makan oatmeal untuk sarapan yuk (dok. unsplash)
Makan oatmeal untuk sarapan yuk (dok. unsplash)

Yup, pasti sudah bukan hal yang asing lagi bagi kamu yang sedang diet untuk disarankan mengkonsumsi oatmeal atau steel-cut oats sebagai makanan sarapan pagi. Hal ini karena oatmeal mampu menekan nafsu makan kamu sampai dengan makan siang karena memiliki kandungan indeks glikemik yang rendah sehingga tidak akan membuat gula darah kamu meningkat (kamu tidak akan mudah merasa lapar). Tapi harus diingat, kamu tidak disarankan untuk mencampur oatmeal dengan gula merah atau sirup maple, karena kedua bahan tersebut justru akan membuat kamu mudah merasa lapar.

2. Konsumsi protein tanpa lemak sebagai sarapan

Tips kedua adalah dengan menjadikan protein tanpa lemak sebagai menu sarapan. Kamu juga bisa mengkonsumsi telur, daging tanpa lemak, ataupun yogurt sebagai sarapanmu. Kenapa kamu harus mengkonsumsi protein tanpa lemak sebagai sarapan? Karena protein tersebut akan membantu kamu untuk tetap kenyang sepanjang hari.

3. Tambahkan grapefruit pada menu diet kamu

Grapefruit baik sebagai menu diet (dok. unsplash)
Grapefruit baik sebagai menu diet (dok. unsplash)

Seperti yang kita ketahui, diet grapefruit total merupakan salah satu jenis diet yang harus kamu hindari, namun mengkonsumsi setengah dari buah grapefruit sebagai menu diet ternyata baik untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan. Hal ini karena grapefruit memiliki kandungan yang mampu menurunkan insulin setelah makan sehingga kamu tidak akan merasa lapar. Tapi harus diingat ya Teens, untuk kamu yang sedang menjalani masa pengobatan maka kamu harus memastikan apakah obat-obatan yang kamu konsumsi bertentangan dengan grapefruit atau tidak. Jangan sampai grapefruit yang harusnya membantu kamu justru menjadi racun bagi tubuhmu.

4. Jangan lupa makan sayur dan buah-buahan berserat

Tips keempat pasti bukan hal yang asing lagi bagi orang-orang yang sedang berdiet. Yup, kamu harus mengkonsumsi sayur dan juga buah-buahan yang kaya akan serat karena serat sangat baik untuk membuat kamu kenyang dalam waktu yang lama. Contoh jenis sayur dan buah-buahan yang kaya akan serat adalah buah apel, sayuran berdaun hijau (bayam, sawi hijau, kale, chard), dan kentang.

5. Konsumsi kacang-kacangan

Jangan lupa konsumsi kacang kacangan (dok. unsplash)
Jangan lupa konsumsi kacang kacangan (dok. unsplash)

Katanya kacang-kacangan tidak baik karena akan membuat wajah berjerawat. Tapi untuk kamu yang tidak mengalami permasalahan dengan kacang, kamu bisa lho mengkonsumsi kacang sebagai salah satu menu diet. kacang yang sangat disarankan untuk dikonsumsi agar kamu merasa kenyang dalam waktu yang lama adalah kacang almond. Kacang almond mengandung kombinasi mengenyangkan yaitu protein, serat, dan juga lemak tak jenuh.

6. Konsumsi lemak baik

Bagaimanapun juga, sebagai manusia kita tetap membutuhkan konsumsi lemak. Tapi alangkah baiknya bagi kalian untuk mencari makanan dengan kandungan lemak yang baik, seperti misalnya asam oleik. Asam oleik adalah zat yang mampu melenyapkan rasa laparmu dan bisa kamu dapatkan dari selai kacang, buah alpukat, kacang-kacangan, dan minyak zaitun.

7. Ganti cokelat kamu dengan cokelat hitam

Untuk kamu para penggemar cokelat, fase diet jelas menjadi fase yang cukup membuat merana tapi sebenarnya ada solusi yang bisa kamu lakukan untuk tetap mengkonsumsi cokelat saat diet. Yup, mengganti cokelat kamu dengan cokelat hitam. Kenapa cokelat hitam? Berbeda dari saudara-saudaranya (cokelat susu dan permen), intensitas rasa cokelat hitam secara alami memberitahu tubuh kamu kapan kamu merasa kenyang sehingga tidak akan membuat kamu mengkonsumsi dalam jumlah berlebih. Carilah cokelat hitam yang mengandung setidaknya 70% cokelat.

Itu dia beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk memilih makanan yang bisa menjaga rasa kenyang agar bertahan lama saat diet dan selamat mencoba, Teens!

 

Last Editor : Sarah Christiani
Komentar
-TERPOPULER-