5 Manfaat Cuka Apel Untuk Kesehatan dan Kecantikan Rambut

5 Manfaat Cuka Apel Untuk Kesehatan dan Kecantikan Rambut

Clarissa Pangestu
Wednesday, 21 March 2018, 15:30:35 3128 0
Cuka pael bermanfaat buat rmabut lho (dok. livestrong)
Cuka pael bermanfaat buat rmabut lho (dok. livestrong)

Sebelumnya, kita sudah membahas tentang cara pengaplikasian cuka apel untuk menjaga kesehatan dan kecantikan rambut dan tidak hanya itu, kita juga sudah mengetahui kandungan-kandungan dalam cuka apel yang sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan tidak hanya tubuh, melainkan juga rambut kamu.

Walau begitu, pasti masih banyak dari kalian yang mempertanyakan sebenarnya apa saja sih manfaat dari cuka apel untuk kesehatan dan kecantikan rambut? Yuk simak ulasannya dibawah ini:

Membuat rambut kamu berkilau

Memiliki rambut sehat nan berkilau jelas jadi impian banyak orang, terutama kaum perempuan. Nah, kamu bisa mendapatkan rambut yang berkilau dengan menggunakan cuka apel untuk merawat rambut kamu lho Teens. Caranya cukup mudah! Kamu cukup mencapurkan ½ sendok makan cuka apel dengan 1 gelas air, aduk hingga merata, bilas rambut dengan campuran tersebut dan kemudian bilas lagi dengan air dingin sampai bersih. Kamu juga bisa mengaplikasikan cuka apel dengan cara lain, yaitu dengan mencampur cuka apel dengan air hangat dan menjadikannya sebagai kondisioner alami untuk rambutmu. Mudah bukan?

Cuka apel punya banyak manfaat untuk rambut (dok. fittedmagazine)
Cuka apel punya banyak manfaat untuk rambut (dok. fittedmagazine)

Rambut menjadi halus

Manfaat kedua dari cuka apel adalah kemampuannya untuk membuat rambut kamu menjadi halus. Hal ini bukan tanpa alasan, melainkan karena cuka apel mengandung asam alphahydroxy yang berguna untuk meningkatkan kualitas rambut. Kamu bisa mendapatkan manfaat ini dengan cara membilas rambut dengan campuran cuka apel dengan air (seperti di atas). Selain membuat rambit menjadi halus, cuka apel ini juga akan membantu menutup kutikula rambut kamu lho.

Meningkatkan pertumbuhan rambut

Manfaat yang ketiga ini sangat cocok untuk kalian yang memiliki permasalahan rambut yang tipis. Kalau kalian takut menggunakan obat-obatan penumbuh rambut, kalian bisa menggunakan cuka apel sebagai alternatif solusinya. Cuka apel mengandung nutrisi yang dapat merangsang folikel rambut kamu sehingga rambut akan lebih cepat tumbuh. Langkah yang harus kamu lakukan pun cukup dengan mencuci rambut kamu dengan cuka apel sebelum keramas. Lakukan hal tersebut sebanyak 2 sampai 3 kali setiap minggunya untuk hasil yang maksimal.

Cuka apel bisa atasi ketombe (dok. livestrong)
Cuka apel bisa atasi ketombe (dok. livestrong)

Mengatasi ketombe

Salah satu permasalahan rambut yang paling lumrah kita jumpai adalah ketombe. Siapa yang sangka kalau ternyata cuka apel pun bisa jadi salah satu solusi kamu untuk mengatasi ketombe yang membandel. Yup! Sifat anti bakteri dan jamur pada cuka apel akan membantu rambut kamu untuk mencegah ketombe, infeksi kulit kepala, gatal-gatal, serta meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala dan tentunya membuat rambut kamu lebih sehat. Sifat cuka apel yang anti bakteri dan jamur ini juga akan menghambat pertumbuhan Malassezia furfur, yaitu jamur sumber datangnya ketombe.

Mengatasi rambut yang rontok

Selain ketombe, rambut yang rontok juga menjadi salah satu masalah yang sering dihadapi oleh banyak orang. Sekedar info nih Teens, rambut yang rontok bisa saja disebabkan oleh penumpukan sel kulit mati di kepala kalian. Nah, untuk mengatasi kondisi ini, kamu bisa menggunakan campuran cuka apel dengan gula merah untuk mengatasinya. Setelah itu bilas rambut kamu dengan campuran cuka apel dan air, dan terakhir bersihkan lagi rambut kamu dengan air. Adapun cara lain adalah dengan memasukkan cuka apel yang dicampur dengan air ke dalam botol penyemprot dan kemudian semprotkan ke kulit kepalamu.

Dari mulai bikin rambut halus hingga atasi rambut rontok, itu dia manfaat cuka apel untuk kecantikan dan kesehatan rambut! 

Last Editor : Sarah Christiani
Komentar
-TERPOPULER-