Dilakukan Selama 9 Jam, Ujian Ini Disebut Sebagai Ujian Tersulit di Dunia

Dilakukan Selama 9 Jam, Ujian Ini Disebut Sebagai Ujian Tersulit di Dunia

trias ismi
Thursday, 20 October 2016, 11:05:45 2891 0

Lulus dalam ujian masuk perguruan tinggi menjadi tujuan bagi semua siswa. Mereka rela belajar keras agar bisa diterima di perguruan tinggi favorit. Di Indonesia sendiri para peserta ujian masuk perguruan tinggi tak pernah terlihat sepi. Hal itu menandakan banyaknya siswa yang ingin merasakan bangku kuliah.

Begitu juga ujian masuk perguruan tinggi di Tiongkok yang disebut dengan Gaokao. Ujian ini disebut-sebut sebagai ujian tersulit di dunia karena dilakukan selama 9 jam selama 2 hari, seperti dikutip dari Bloomberg News. Tiap tahunnya peserta ujian ini mencapai 9,4 juta peserta. Mereka memperebutkan kursi untuk masuk universitas yang jumlahnya cukup sedikit.

Mata pelajaran yang diujikan di ujian Gaokao antara lain, Matematika, Sejarah, Tata Bahasa Mandarin, Sejarah, Ekonomi dan Bahasa Asing. Skor terbaik di ujian ini ialah 750, jadi jika nilai mendekati angka tersebut maka semakin baik.

Soal dalam tes ini pun terdapat dua macam, yaitu pilihan ganda dan soal esai. Dalam ujian ini soal esai disebut-sebut sebagai hal yang paling sulit untuk dikerjakan. Disebabkan dalam satu jam mereka harus membuat esai sampai 800 kata.

Ujian ini merupakan ujian yang harus dihadapi setiap siswa di Tiongkok jika ingin masuk perguruan tinggi. Tekanan tes ini sangat terasa bagi para siswa karena mereka sudah dianjurkan untuk mempersiapkan ujian ini sejak di Sekolah Dasar.

Menurut berita dari CNN, saat ujian itu dilaksanakan maka kegiatan yang menimbulkan suara di negara itu dihentikan untuk sementara. Misalnya, para pengemudi mobil tidak boleh membunyikan klakson, pabrik dan konstruksi bangunan harus dihentikan. Para polisi selalu berpatroli untuk memastikan para peserta ujian tak akan terganggu dengan suara-suara apapun.

Ujian ini dilakukan pada bulan Juni setiap tahun. Para siswa yang akan mengikuti ujian ini benar-benar bekerja ekstra keras setiap hari. Bahkan, siswa di Tiongkok banyak yang mengaku mereka belajar selama 12 hingga 16 jam setiap harinya. Tak hanya itu saja, mereka  juga mengikuti kelas tambahan saat akhir pekan.

Meskipun demikian, terbukti jika seseorang lulus ujian Gaokao maka dapat membuatnya merubah hidupnya. Karir yang gemilang seakan-akan berada di depan mata. Namun, jika gagal dalam ujian ini biasanya mereka akan stres karena tekanan dari keluarga dan hal itu juga dapat memicu siswa untuk melakukan bunuh diri.

Wah seram ya kalau sampai bunuh diri saat gagal. Gimana menurut kalian, apakah ujian ini memang ujian tersulit di dunia?

Last Editor : Khairiyah Sartika
Komentar